Definisi BLOG


Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Blog, Blogger, Artikel dan Jurnalisme Via Media Internet

Dunia blog tidak lepas dari tulis-menulis (meskipun pada kenyataannya kita tidak pernah menulis di blog, melainkan mengetik). Seperti halnya blogger yang "menulis" karyanya di dunia blog, begitu pula jurnalis (wartawan) menuliskan pemikiran dan liputannya di media massa (cetak/koran dan elektronik). Lantas, apakah penulis blogger bisa disamakan dengan jurnalis (wartawan). Meskipun mempunyai prinsip yang sama, dunia jurnalistik nyatanya jauh lebih luas dibandingkan blog atau blogger. Tidak salah memang karena di dunia jurnalistik, setiap wartawan dibekali pendidikan formal, ilmu jurnalistik, kode etik penulisan, dan hal-hal lain yang terikat dengan pewartaan.


Meski demikian, bukan berarti blog atau blogger yang kemudian berkembang ke arah jurnalis warga (citizen jurnalism) jauh tertinggal dari jurnalis atau wartawan yang sesungguhnya. Blogger yang menulis pemikirannya di blog tidak terikat pada satu media tertentu, meskipun ada kode etik tidak tertulis yang harus dicamkan oleh setiap blogger, seperti penulisan, kode etik, copy-paste dan isu plagarisme, dan lain-lain.

Tidak ada salahnya pula blogger sedikit banyak "mencuri" ilmu dari wartawan yang memperoleh pendidikan formal jurnalistik. Tidak sedikit hal yang bisa kita ambil dari dunia jurnalistik, terkait masalah penulisan bagi para blogger yang ingin mengembangkan diri sebagai citizen journalism.

Lantas, Bisakah blogger menjadi jurnalis warga atau yang lebih ngetrend dengan sebutan "citizem journalism"? Pertanyaan tersebut muncul dengan semakin menjamurnya dunia blog. Berikut sebuah artikel yang aku ambil dari Tempo.

Bagaimana kita menulis berita seperti karya para jurnalis profesional? Begitulah pertanyaan beberapa teman yang berniat serius menekuni jurnalisme warga.

Mereka belum pernah mendapatkan pendidikan jurnalisme formal, tapi memiliki blog sebagai tempat berbagi kabar, dan hendak menjadikan media pribadinya tersebut sebagai sumber berita warga daring. Kebetulan, jurnalisme warga juga sedang menjadi isu hangat di beberapa blog komunitas.

Mat Bloger, yang ikut mendengar pertanyaan itu, langsung berkomentar. "Halah, begitu saja kok repot. Tulis saja semua yang sampean punya. Bebas."

Saya menukas. "Nggak bisa sembarangan begitu, Mat. Siapa pun bisa jadi jurnalis warga. Tapi, kalau mau serius, sebaiknya kita belajar dari ahlinya, orang-orang yang pekerjaan sehari-harinya memang jurnalis, terutama ketika hendak menulis atau membuat berita."

"Kenapa, Mas? Apa sih yang bisa kita pelajari dari para jurnalis profesional?" tanya Mat Bloger.

Jurnalis profesional bekerja berdasarkan standar prosedur, undang-undang, prinsip, dan kode etik jurnalistik. Dalam bekerja, mereka selalu menjadikan semua pegangan itu sebagai acuan untuk mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan pembaca. Nah, ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari mereka saat membuat berita.
Kejujuran
Sekali lancung ke ujian, seumur-umur sampean nggak akan dipercaya lagi oleh pembaca. Kabar bohong, menyesatkan, manipulatif, dan melanggar etika mungkin akan membuat sampean cepat populer. Tapi kelak sampean akan menuai hasilnya, kehilangan kepercayaan dan kredibilitas. Kebanyakan berita "panas" pun baru keluar setelah seorang jurnalis menghabiskan berbulan-bulan atau bertahun-tahun melakukan verifikasi, check and recheck, serta menguji ulang sumber-sumbernya.

Akurasi
Hasil survei Pew Centre terhadap para blogger menunjukkan 34 persen responden merasa karya mereka merupakan hasil kerja jurnalistik. Tapi hanya 56 persen di antaranya yang telah menyediakan waktu tambahan untuk memverifikasi fakta. Padahal akurasi adalah mahkota sebuah laporan. Sampean harus yakin bahwa semua bahan yang ditulis itu akurat. Sampean tak boleh salah menyebut nama dan umur sumber, tanggal, lokasi kejadian, dan sebagainya.

Presisi
Ketepatan penulisan adalah kunci, baik dalam menuliskan kata maupun kalimat. Ia membantu kita memperoleh respek dan legitimasi. Gunakan, misalnya, KBBI atau kamus Thesaurus sebagai pembantu mendapatkan ketepatan penulisan. Kesalahan ketik atau ejaan akan membuat pembaca ragu akan kebenaran seluruh tulisan.

Konsistensi
Agar jurnalis menulis secara konsisten, biasanya kantor mereka menyediakan style book. Buku panduan ini berguna agar jurnalis selalu menulis berita secara konsisten, misalnya "Yogyakarta" atau "Jogjakarta", "10" atau "sepuluh". Ini bukan soal benar atau salah, tapi konsistensi. Sesuatu yang konsisten membuat pembaca tak bingung.

Baca ulang
Para jurnalis terbiasa membaca kembali dan menyunting ulang laporan mereka. Langkah ini ditempuh guna memastikan apakah sebuah berita telah ditulis dengan akurat, presisi, dan tak mengandung kesalahan tulis atau ejaan. Pastikan apakah kalimat mengalir lancar. Periksa juga apakah setiap fakta, misalnya nama sumber, sudah ditulis dengan benar. Lihat apakah tata bahasa dan ejaannya sesuai dengan kaidah, tak ada kesalahan ketik, dan sebagainya. Mencegah kesalahan selalu lebih baik dari mengoreksi, bukan?
Sejarah
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Komunitas Blogger
Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.


Jenis-jenis blog
·                     Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
·                     Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
·                     Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
·                     Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
·                     Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
·                     Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
·                     Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
·                     Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
·                     Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
·                     Blog agama: Membahas tentang agama
·                     Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
·                     Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
·                     Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
·                     Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
·                     Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
·                     Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Budaya populer
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet.[rujukan?] Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas dimana para blogger meninggalkan link di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar. Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan AdSense, posting berbayar, jualan link, afiliasi dan lain-lain. Sehingga kemudian muncullah istilah profesional blogger, atau problogger, orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog.[rujukan?] karena memang faktanya banyak chanel-chanel pendapatan dana baik berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini.
Risiko kejahatan
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.


TIPS DAN TRICK MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE

Jangan tulis konten dengan JavaScript.
Meskipun search engine tidak akan menghukum blog karena menggunakan JavaScript, tapi jika halaman blog atau website anda menggunakan JavaScript untuk menampilkan isi, akan lebih sulit untuk mendapatkan peringkat yang bagus untuk halaman tersebut.



Jangan menghilangkan teks alternatif untuk gambar terutama gambar di dalam artikel.
Image yang ada dalam isi postingan anda dapat memperindah halaman Web dan blog, tetapi jika anda meninggalkan alternatif teks (teks alternatif) search engine tidak akan menelusuri konten yang relevan dengan image. Artinya image tersebut tidak bermanfaat buat menaikkan peringkat halaman blog anda. Juga perlu diingat bahwa makin berat gambar pada halaman blog, semakin kecil kemungkinan mesin pencari akan memberi peringkat yang tinggi untuk halaman postingan tersebut. Teks adalah apa yang mempengaruhi peringkat di search engine  dan teks alternatif adalah pilihan lain yang hanya sedikit sekali bermanfaat.


Jangan gunakan gambar untuk link halaman lain pada blog, gunakanlah link teks.
Optimisasi search engine semuanya adalah yang berkenaan dengan teks, dan jika anda menggunakan gambar, bukan teks, bahkan jika anda memiliki teks alternatif yang baik, search engine akan lebih kesulitan memberi peringkat blog anda. Hal ini terutama berlaku untuk navigasi. spider search engine menelusuri blog dan website dengan mengikuti link, dan link pada gambar dapat lebih sulit ditelusuri search engine atau memberi peringkat blog anda ketimbang link teks. Menggunakan gambar, bukan teks pada halaman website atau blog anda juga memperlambat loading.



Jangan tulis kata kunci dalam konten anda dengan ejaan yang salah.
Boleh jadi anda mungkin mencoba mengoptimalkan website dan blog anda dengan ejaan kata yang salah. Dan walaupun itu tidak selalu akan berpengaruh buruk untuk  blog anda dalam peringkat search engine khususnya jika anda memutuskan untuk menggunakan versi salah eja sebagai frase keyword, namun hal itu akan merugikan kredibilitas anda dimata pengunjung blog anda.  Kebanyakan pengunjung blog dan website tahu ejaan yang benar, mereka akan menganggap anda tidak profesional. Plus, banyak browser dan search engine memiliki spell checker, sehingga popularitas salah eja akan terus berkurang seiring waktu.



Jangan mencoba mengoptimalkan lebih dari 2-3 keyword dan frase keyword.
Ini disebut keyword dillution. Jika anda memiliki terlalu banyak topik pada suatu halaman tertentu, akan sulit untuk baik search engine maupun pengunjung blog anda untuk menyimpulkan topik apa yang anda tulis. Jika anda memiliki banyak topik untuk di tuliskan, lebih baik untuk menulis beberapa halaman pendek pada setiap topik, daripada menjejalkan semua ke dalam satu halaman panjang.



Jangan gunakan frase keyword terlalu banyak.
Seringkali terjadi praktek menuliskan keyword atau frase keyword yang berulang-ulang di halaman sampai hampir tidak ada teks selain dari frase keyword. Periksa kepadatan keyword anda untuk menentukan apakah anda telah menggunakannya terlalu banyak. jangan lebih dari 10% dari isi postingan. Jika anda terlalu menyolok menaburkan keyword,  bisa saja blog anda diblokir search engine.



Jangan mengandalkan link dari domain pada IP yang sama.
Meskipun Google tidak diskriminasi terhadap domain yang memiliki IP yang sama (misalnya, domain yang menggunakan virtual host), search engine lainnya mungkin tidak menyukainya. Jadi lebih baik menghindari meningkatkan inbound link anda dengan link dari domain lain yang juga milik anda sendiri. Google tidak menghukum blog atau website seperti ini, tapi search engine lain mungkin melakukannya.



Jangan memiliki lebih dari 10 kata di URL.
Meskipun anda ingin menempatkan keyword dalam URL anda (dan domain jika mungkin), URL yang panjang cenderung dilihat sebagai lebih spammy oleh search engine. Namun, ini bukan masalah serius, dan jika anda memiliki 11 atau 15 kata-kata dalam URL anda, seharusnya tidak menjadi masalah, selama tidak melakukannya sepanjang waktu.



Jangan menggunakan URL dinamis.
Secara umum, search engine cenderung lebih menyukai URL yang statis daripada URL dinamis.Search engine akan memberi peringkat yang lebih baik untuk URL statis


Jangan mengandalkan AdSense untuk meningkatkan rangking blog anda.
AdSense adalah cara untuk mendapatkan uang di website anda. Tapi bertentangan dengan pendapat banyak orang, karena iklan AdSense tidak akan meningkatkan peringkat blog anda pada search engine, bahkan juga Google. Sangat bagus menggunakannya, tetapi jangan berharap bisa untuk meningkatkan peringkat pencarian blog anda.



Jangan mengandalkan AdWords untuk meningkatkan rangking blog anda.
AdWords adalah cara untuk mengiklankan website dan blog anda di Google. Meskipun anda dapat membayar untuk mendapatkan peringkat tinggi di tempat-tempat beriklan, memiliki account AdWords tidak akan membantu peringkat pencarian blog anda di search engine, juga di Google.  Anda dapat menggunakan AdWords untuk mendapatkan lebih banyak klik ke situs Web anda, tetapi mereka hanya akan muncul di lokasi pencarian berbayar, tidak dalam pencarian alami.


Cobalah untuk tidak mendapatkan link blog anda dari Linkfarm.
Anda tidak boleh link ke link farm. Dan walaupun search engine menyatakan bahwa mereka tidak diskriminasi terhadap situs yang terhubung dari koleksi link,sebaiknya hidari link ke situstersebut agar tidak mendapat efek buruk dari link semacam itu. Google menilai spamming situs sebagai "lingkungan buruk" dan jika anda link ke mereka, anda hanya akan mendapatkan  PageRank blog andah rendah.


Jangan membuat halaman link.
Halaman link membosankan baik bagi pengunjung blog anda dan juga bagi search engine. Kebanyakan search engine menilai link yang berada dalam isi postingan lebih tinggi. Namun, perlu diketahui bahwa banyak situs jaringan sosial (seperti Digg dan del.icio.us) cenderung mendukung halaman daftar link, sehingga kadang-kadang dapat menguntungkan untuk tetap menulis halaman daftar link, hanya jangan mengharapkan memperoleh peringkat tinggi di search engine.


Jangan link ke dan dari situs yang sama berulang-ulang.
Ini juga disebut spamming link. Search engine akan melihat link yang anda miliki di halaman postingan anda, dan hanya  link pertama atau kedua yang bagus untuk optimasi. Blog anda mungkin tampak spammer, bila terlalu banyak link yang sama pada halaman postingan anda.



Jangan masuk ke cross link.
Ketika beberapa situs memiliki link yang dipasang di sebuah pola lingkaran (atau lebih kompleks)  (Situs A link ke situs B dan C lalu B dan C link situs ke situs A), dapat terlihat seperti anda membayar untuk mendapatkan link. Jangan berasumsi bahwa karena rata-rata pengunjung anda tidak akan melihat pola tersebut, search engine akan dapat menilai buruk link semacam itu.


Jangan memiliki link yang rusak di blog anda.
Broken link membuat situs anda tampak buruk, dan itu menyiratkan bahwa anda tidak mengelola situs anda dengan baik. Search engine hanya menginginkan situs yang berkualitas tinggi, sehingga search engine dapat menghukum situs dengan link yang rusak. Gunakan link checker berkala untuk memastikan bahwa link anda masih bagus.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar