Definisi BLOG
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi
web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah
halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik
(isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak
selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua
pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog
tersebut.
Blog, Blogger, Artikel dan Jurnalisme Via Media Internet
Dunia blog tidak lepas dari tulis-menulis (meskipun pada
kenyataannya kita tidak pernah menulis di blog, melainkan mengetik). Seperti
halnya blogger yang "menulis" karyanya di dunia blog, begitu pula
jurnalis (wartawan) menuliskan pemikiran dan liputannya di media massa
(cetak/koran dan elektronik). Lantas, apakah penulis blogger bisa disamakan
dengan jurnalis (wartawan). Meskipun mempunyai prinsip yang sama, dunia
jurnalistik nyatanya jauh lebih luas dibandingkan blog atau blogger. Tidak
salah memang karena di dunia jurnalistik, setiap wartawan dibekali pendidikan
formal, ilmu jurnalistik, kode etik penulisan, dan hal-hal lain yang terikat
dengan pewartaan.
Meski demikian, bukan berarti blog atau blogger yang
kemudian berkembang ke arah jurnalis warga (citizen jurnalism) jauh tertinggal
dari jurnalis atau wartawan yang sesungguhnya. Blogger yang menulis
pemikirannya di blog tidak terikat pada satu media tertentu, meskipun ada kode
etik tidak tertulis yang harus dicamkan oleh setiap blogger, seperti penulisan,
kode etik, copy-paste dan isu plagarisme, dan lain-lain.
Tidak ada salahnya pula blogger sedikit banyak
"mencuri" ilmu dari wartawan yang memperoleh pendidikan formal
jurnalistik. Tidak sedikit hal yang bisa kita ambil dari dunia jurnalistik,
terkait masalah penulisan bagi para blogger yang ingin mengembangkan diri
sebagai citizen journalism.
Lantas, Bisakah blogger menjadi jurnalis warga atau yang
lebih ngetrend dengan sebutan "citizem journalism"? Pertanyaan
tersebut muncul dengan semakin menjamurnya dunia blog. Berikut sebuah artikel
yang aku ambil dari Tempo.
Bagaimana kita menulis berita seperti karya para jurnalis
profesional? Begitulah pertanyaan beberapa teman yang berniat serius menekuni
jurnalisme warga.
Mereka belum pernah mendapatkan pendidikan jurnalisme
formal, tapi memiliki blog sebagai tempat berbagi kabar, dan hendak menjadikan
media pribadinya tersebut sebagai sumber berita warga daring. Kebetulan,
jurnalisme warga juga sedang menjadi isu hangat di beberapa blog komunitas.
Mat Bloger, yang ikut mendengar pertanyaan itu, langsung
berkomentar. "Halah, begitu saja kok repot. Tulis saja semua yang sampean
punya. Bebas."
Saya menukas. "Nggak bisa sembarangan begitu, Mat.
Siapa pun bisa jadi jurnalis warga. Tapi, kalau mau serius, sebaiknya kita
belajar dari ahlinya, orang-orang yang pekerjaan sehari-harinya memang
jurnalis, terutama ketika hendak menulis atau membuat berita."
"Kenapa, Mas? Apa sih yang bisa kita pelajari dari para
jurnalis profesional?" tanya Mat Bloger.
Jurnalis profesional bekerja berdasarkan standar prosedur,
undang-undang, prinsip, dan kode etik jurnalistik. Dalam bekerja, mereka selalu
menjadikan semua pegangan itu sebagai acuan untuk mendapatkan kredibilitas dan
kepercayaan pembaca. Nah, ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari mereka
saat membuat berita.
Kejujuran
Sekali lancung ke ujian, seumur-umur sampean nggak akan
dipercaya lagi oleh pembaca. Kabar bohong, menyesatkan, manipulatif, dan
melanggar etika mungkin akan membuat sampean cepat populer. Tapi kelak sampean
akan menuai hasilnya, kehilangan kepercayaan dan kredibilitas. Kebanyakan
berita "panas" pun baru keluar setelah seorang jurnalis menghabiskan
berbulan-bulan atau bertahun-tahun melakukan verifikasi, check and recheck,
serta menguji ulang sumber-sumbernya.
Akurasi
Hasil survei Pew Centre terhadap para blogger menunjukkan 34
persen responden merasa karya mereka merupakan hasil kerja jurnalistik. Tapi
hanya 56 persen di antaranya yang telah menyediakan waktu tambahan untuk
memverifikasi fakta. Padahal akurasi adalah mahkota sebuah laporan. Sampean
harus yakin bahwa semua bahan yang ditulis itu akurat. Sampean tak boleh salah
menyebut nama dan umur sumber, tanggal, lokasi kejadian, dan sebagainya.
Presisi
Ketepatan penulisan adalah kunci, baik dalam menuliskan kata
maupun kalimat. Ia membantu kita memperoleh respek dan legitimasi. Gunakan,
misalnya, KBBI atau kamus Thesaurus sebagai pembantu mendapatkan ketepatan
penulisan. Kesalahan ketik atau ejaan akan membuat pembaca ragu akan kebenaran
seluruh tulisan.
Konsistensi
Agar jurnalis menulis secara konsisten, biasanya kantor
mereka menyediakan style book. Buku panduan ini berguna agar jurnalis selalu
menulis berita secara konsisten, misalnya "Yogyakarta" atau
"Jogjakarta", "10" atau "sepuluh". Ini bukan soal
benar atau salah, tapi konsistensi. Sesuatu yang konsisten membuat pembaca tak
bingung.
Baca ulang
Para jurnalis terbiasa membaca kembali dan menyunting ulang
laporan mereka. Langkah ini ditempuh guna memastikan apakah sebuah berita telah
ditulis dengan akurat, presisi, dan tak mengandung kesalahan tulis atau ejaan.
Pastikan apakah kalimat mengalir lancar. Periksa juga apakah setiap fakta,
misalnya nama sumber, sudah ditulis dengan benar. Lihat apakah tata bahasa dan
ejaannya sesuai dengan kaidah, tak ada kesalahan ketik, dan sebagainya.
Mencegah kesalahan selalu lebih baik dari mengoreksi, bukan?
Sejarah
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang
dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada
akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi
yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para
penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah
catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan
program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh
seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, .
Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya,
seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para
pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang
dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat
non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau
secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere.
Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat
besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial
terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau
badai blog.
Komunitas Blogger
Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari
[para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal
daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang
tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan
kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada
semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas
tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.
Jenis-jenis blog
·
Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan
berbasis blog (Seperti kampanye).
·
Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang
pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan
perbincangan teman.
·
Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada
bahasan tertentu.
·
Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan
kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru,
keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
·
Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
·
Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan
keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
· Blog riset: Persoalan tentang akademis
seperti berita riset terbaru.
·
Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga
dengan blawgs (Blog Laws).
·
Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi
media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
·
Blog agama: Membahas tentang agama
·
Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
·
Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
·
Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
·
Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan
promosi bisnis mereka
·
Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
·
Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga
dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Budaya populer
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus
dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog.
Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau
menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di
Internet.[rujukan?] Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak
sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger
(sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.selain merawat dan terus melakukan
pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering
melakukan blogwalking, yaitu aktivitas dimana para blogger meninggalkan link di
blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar. Beberapa blogger kini
bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program
periklanan AdSense, posting berbayar, jualan link, afiliasi dan lain-lain.
Sehingga kemudian muncullah istilah profesional blogger, atau problogger, orang
yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog.[rujukan?] karena
memang faktanya banyak chanel-chanel pendapatan dana baik berupa dolar maupun
rupiah dari aktivitas ngeblog ini.
Risiko kejahatan
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas
sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan
pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan
untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker,
pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia
dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat
dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan
ditangkap.
TIPS DAN TRICK MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE
Jangan tulis konten dengan JavaScript.
Meskipun search engine tidak akan menghukum blog karena
menggunakan JavaScript, tapi jika halaman blog atau website anda menggunakan JavaScript
untuk menampilkan isi, akan lebih sulit untuk mendapatkan peringkat yang bagus
untuk halaman tersebut.
Jangan menghilangkan teks alternatif untuk gambar terutama
gambar di dalam artikel.
Image yang ada dalam isi postingan anda dapat memperindah
halaman Web dan blog, tetapi jika anda meninggalkan alternatif teks (teks
alternatif) search engine tidak akan menelusuri konten yang relevan dengan
image. Artinya image tersebut tidak bermanfaat buat menaikkan peringkat halaman
blog anda. Juga perlu diingat bahwa makin berat gambar pada halaman blog,
semakin kecil kemungkinan mesin pencari akan memberi peringkat yang tinggi
untuk halaman postingan tersebut. Teks adalah apa yang mempengaruhi peringkat
di search engine dan teks alternatif
adalah pilihan lain yang hanya sedikit sekali bermanfaat.
Jangan gunakan gambar untuk link halaman lain pada blog,
gunakanlah link teks.
Optimisasi search engine semuanya adalah yang berkenaan
dengan teks, dan jika anda menggunakan gambar, bukan teks, bahkan jika anda memiliki
teks alternatif yang baik, search engine akan lebih kesulitan memberi peringkat
blog anda. Hal ini terutama berlaku untuk navigasi. spider search engine
menelusuri blog dan website dengan mengikuti link, dan link pada gambar dapat
lebih sulit ditelusuri search engine atau memberi peringkat blog anda ketimbang
link teks. Menggunakan gambar, bukan teks pada halaman website atau blog anda
juga memperlambat loading.
Jangan tulis kata kunci dalam konten anda dengan ejaan yang
salah.
Boleh jadi anda mungkin mencoba mengoptimalkan website dan
blog anda dengan ejaan kata yang salah. Dan walaupun itu tidak selalu akan
berpengaruh buruk untuk blog anda dalam
peringkat search engine khususnya jika anda memutuskan untuk menggunakan versi
salah eja sebagai frase keyword, namun hal itu akan merugikan kredibilitas anda
dimata pengunjung blog anda. Kebanyakan
pengunjung blog dan website tahu ejaan yang benar, mereka akan menganggap anda
tidak profesional. Plus, banyak browser dan search engine memiliki spell
checker, sehingga popularitas salah eja akan terus berkurang seiring waktu.
Jangan mencoba mengoptimalkan lebih dari 2-3 keyword dan
frase keyword.
Ini disebut keyword dillution. Jika anda memiliki terlalu
banyak topik pada suatu halaman tertentu, akan sulit untuk baik search engine
maupun pengunjung blog anda untuk menyimpulkan topik apa yang anda tulis. Jika
anda memiliki banyak topik untuk di tuliskan, lebih baik untuk menulis beberapa
halaman pendek pada setiap topik, daripada menjejalkan semua ke dalam satu
halaman panjang.
Jangan gunakan frase keyword terlalu banyak.
Seringkali terjadi praktek menuliskan keyword atau frase
keyword yang berulang-ulang di halaman sampai hampir tidak ada teks selain dari
frase keyword. Periksa kepadatan keyword anda untuk menentukan apakah anda
telah menggunakannya terlalu banyak. jangan lebih dari 10% dari isi postingan.
Jika anda terlalu menyolok menaburkan keyword,
bisa saja blog anda diblokir search engine.
Jangan mengandalkan link dari domain pada IP yang sama.
Meskipun Google tidak diskriminasi terhadap domain yang
memiliki IP yang sama (misalnya, domain yang menggunakan virtual host), search
engine lainnya mungkin tidak menyukainya. Jadi lebih baik menghindari
meningkatkan inbound link anda dengan link dari domain lain yang juga milik
anda sendiri. Google tidak menghukum blog atau website seperti ini, tapi search
engine lain mungkin melakukannya.
Jangan memiliki lebih dari 10 kata di URL.
Meskipun anda ingin menempatkan keyword dalam URL anda (dan
domain jika mungkin), URL yang panjang cenderung dilihat sebagai lebih spammy
oleh search engine. Namun, ini bukan masalah serius, dan jika anda memiliki 11
atau 15 kata-kata dalam URL anda, seharusnya tidak menjadi masalah, selama
tidak melakukannya sepanjang waktu.
Jangan menggunakan URL dinamis.
Secara umum, search engine cenderung lebih menyukai URL yang
statis daripada URL dinamis.Search engine akan memberi peringkat yang lebih
baik untuk URL statis
Jangan mengandalkan AdSense untuk meningkatkan rangking blog
anda.
AdSense adalah cara untuk mendapatkan uang di website anda.
Tapi bertentangan dengan pendapat banyak orang, karena iklan AdSense tidak akan
meningkatkan peringkat blog anda pada search engine, bahkan juga Google. Sangat
bagus menggunakannya, tetapi jangan berharap bisa untuk meningkatkan peringkat
pencarian blog anda.
Jangan mengandalkan AdWords untuk meningkatkan rangking blog
anda.
AdWords adalah cara untuk mengiklankan website dan blog anda
di Google. Meskipun anda dapat membayar untuk mendapatkan peringkat tinggi di
tempat-tempat beriklan, memiliki account AdWords tidak akan membantu peringkat
pencarian blog anda di search engine, juga di Google. Anda dapat menggunakan AdWords untuk mendapatkan
lebih banyak klik ke situs Web anda, tetapi mereka hanya akan muncul di lokasi
pencarian berbayar, tidak dalam pencarian alami.
Cobalah untuk tidak mendapatkan link blog anda dari
Linkfarm.
Anda tidak boleh link ke link farm. Dan walaupun search
engine menyatakan bahwa mereka tidak diskriminasi terhadap situs yang terhubung
dari koleksi link,sebaiknya hidari link ke situstersebut agar tidak mendapat
efek buruk dari link semacam itu. Google menilai spamming situs sebagai
"lingkungan buruk" dan jika anda link ke mereka, anda hanya akan
mendapatkan PageRank blog andah rendah.
Jangan membuat halaman link.
Halaman link membosankan baik bagi pengunjung blog anda dan
juga bagi search engine. Kebanyakan search engine menilai link yang berada
dalam isi postingan lebih tinggi. Namun, perlu diketahui bahwa banyak situs
jaringan sosial (seperti Digg dan del.icio.us) cenderung mendukung halaman
daftar link, sehingga kadang-kadang dapat menguntungkan untuk tetap menulis
halaman daftar link, hanya jangan mengharapkan memperoleh peringkat tinggi di
search engine.
Jangan link ke dan dari situs yang sama berulang-ulang.
Ini juga disebut spamming link. Search engine akan melihat
link yang anda miliki di halaman postingan anda, dan hanya link pertama atau kedua yang bagus untuk
optimasi. Blog anda mungkin tampak spammer, bila terlalu banyak link yang sama
pada halaman postingan anda.
Jangan masuk ke cross link.
Ketika beberapa situs memiliki link yang dipasang di sebuah
pola lingkaran (atau lebih kompleks) (Situs
A link ke situs B dan C lalu B dan C link situs ke situs A), dapat terlihat
seperti anda membayar untuk mendapatkan link. Jangan berasumsi bahwa karena
rata-rata pengunjung anda tidak akan melihat pola tersebut, search engine akan
dapat menilai buruk link semacam itu.
Jangan memiliki link yang rusak di blog anda.
Broken link membuat situs anda tampak buruk, dan itu
menyiratkan bahwa anda tidak mengelola situs anda dengan baik. Search engine
hanya menginginkan situs yang berkualitas tinggi, sehingga search engine dapat
menghukum situs dengan link yang rusak. Gunakan link checker berkala untuk
memastikan bahwa link anda masih bagus.
0 komentar:
Posting Komentar